INTERNALISASI PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DISEKOLAH

 oleh : Arsan, S.Pd


"Optimalisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 dengan Model Pembelajaran Flip Classroom melalui pendekatan Saintifik/Keilmuan"

Dengan rumah belajar, belajar kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja.

Halo Sahabat Rumah Belajar. Oh ya, sahabat rumah belajar pasti pernah mendengar slogan diatas. Iya, slogan itu merupakan seruan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya warga pendidikan untuk senantiasa bergerak maju dalam memajukan pendidikan dengan praktik baik dan bermakna. Slogan tersebut senada dengan kata bijak oleh tokoh pendidikan yang mendapat julukan sebagai bapak pendidikan yaitu bapak Kihajar Dewantara yang dikutip dari laman merdeka.com mengatakan “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”. Hal tersebut menjadi landasan bagi stakeholder/pemangku kepentingan untuk selalu bergerak dinamis demi kemajuan pendidikan Indonesia.

Portal rumah belajar adalah sebuah portal berbasis web yang berisikan konten edukatif yang dibuat oleh Pusdatin Kemendikbud sejak tahun 2011. Portal rumah belajar tersebut diperuntukkan untuk seluruh elemen stakeholder/pemangku kepentingan yang bergerak di dunia pendidikan terkhusus kepada guru dan siswa untuk memanfaatkan sebagai sumber belajar yang efektif guna meningkatkan kebebasan belajar atau yang sering disebut dengan merdeka belajar.

Dikutip dari laman pikiran-rakyat.com, jumlah pengguna portal rumah belajar mencapai 14 juta pengguna dengan total pengunjung sebanyak 154 juta pengguna. Hal tersebut bisa dicapai karena usaha yang massif dari pada elemen pendidikan khususnya Pusdatin Kemendikbud yang terus mengkampanyekan penggunaan portal Rumah Belajar salah satunya melalui kegiatan PembaTIK yang telah diadakan dari tahun ke tahun.

PembaTIk kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Tulisan ini merupakan salah satu pemenuhan tugas pada kegiatan PembaTIK level 4 yaitu membuat vlog. Adapun judul vlog yang saya bawakan yaitu "Optimalisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 dengan Model Pembelajaran Flip Classroom melalui pendekatan Saintifik/Keilmuan".

Adapun video lengkapnya bisa disimak pada video dibawah ini.


Dalam vlog diatas, saya memaparkan kegiatan saya didalam kelas terintegrasi pemanfaatan portal rumah belajar dengan model pembelajaran flip classroom dengan pendekatan berbasis keilmuan.

Untuk mengawali pembelajaran, sehari sebelum PTM Terbatas dikelas, saya mengirimkan  link materi yang bersumber dari rumah belajar sebagai referensi belajar melalui whatsapp group kelas.

Didalam proses kegiatan belajar mengajar yang saya bawakan terdiri dari 3 langkah kegiatan pembelajaran diantaranya Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Penutup. 

A.      Pendahuluan

Pada kegiatan pendahuluan, saya menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran diantaranya berdoa, dan mengecek kehadiran dan memotivasi siswa dengan mengemukakan manfaat mengikuti pelajaran.

B.      Kegiatan Inti

1. Mengamati

Dalam kegiatan mengamati peserta didik mulai mengamati terkait materi yang dipelajari pada sumber belajar sesuai dengan materi yang dipelajari yaitu things at home.

2. Menanya (Questioning)

Pada tahap questioning / menanya Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya terkait materi yang dipelajari baik secara individu maupun berkelompok.

3. Mengumpulkan informasi/mencoba (Experimenting)

Selanjutnya Peserta mengumpulkan atau memperoleh informasi dengan mengakses uraian materi antara lain  tentang Rooms in a House, Is there …? / Are there…? “Do you have …?” dan  “Does it have…?”

4. Mengasosiasi (Associating)

Pada kegiatan mengasosiasi Peserta didik melakukan asosiasi melalui kegiatan mengelompokkan, memprediksi dan menyimpulkan terkait materi yang sudah dipelajari.

5. Mengkomunikasikan (Communicating)

Dan terakhir yaitu communicating dimana Peserta didik mengomunikasikan hasil dari pembelajaran dalam bentuk lisan dan tulisan.

C.      Penutup

Pada kegiatan penutup ini, saya membimbing siswa untuk menyusun kesimpulan pembelajaran, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar serta memberikan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual untuk membaca dan memperdalam materi melalui Portal Rumah Belajar di rumah.

Model pembelajaran Flip Classroom adalah salah satu solusi model pembelajaran PTM Terbatas. 

Sekian dari Saya.

Terima kasih.

 

No comments:

Post a Comment

Materi MPLS: Wawasan Wiyata Mandala & Profil SMA Swasta Bina Bangsa-01

Assalamu'alaikum Wr. Wb. AnyFlip LightBox Embed Demo Hallo Semuaaaaa. Oh ya, kalian pasti Peserta Didik ...